234 Kapal Sudah Disiapkan ASDP Buat Para Pemudik

234 Kapal Sudah Disiapkan ASDP Buat Para Pemudik

Dalam menanggulangi membludaknya para pemudik dan antisipasi kekurangan alat transportasi maka pihak PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) sudah menyiapkan kapal untuk para pemudik sebanyak 234 kapal angkutan laut untuk hal penyebrangan selama musim mudik lebaran. Jumlah tersebut untuk melayani 13 lintasan yang akan dipakai.

Yusuf Hadi selaku Direktur Komersial PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), juga mengutarakan bahwa kapal yang akan digunakan dan dipakai nanti yang sudah dipersiapkan serta dikelola langsung oleh ASDP berjumlah 66 kapal sedangkan yang akan dikelola rekanan dan mitra atau non-ASDP adalah sekitar 168 kapal.

Persiapan dan kapal yang disediakan saat ini disesuaikan dengan kenaikan penumpang yang dimana untuk tahun ini adalah sekitar besarannya 63 persen dalam lebaran tahun ini 2022. Perlu juga diketahui kenaikan kendaraan diperkirakan juga naik sekitar lebih dari 75 persen dan bahkan semua sekmen kemungkinan juga akan mengalami kenaikan.

Kemungkinan di semua sektor dan segmen mengalami kenaikan dalam tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2021 dan tahun 2020 atau bahkan dalam tahun-tahun sebelumnya. Dimana setiap tahun mengalami kenaikan.

Secara keseluruhan ada 314 jumlah lintasan kapal dan dari lintasan tersebut sudah ada sekitar 215 kapal diseluruh lintasan. Sedangkan ASDP sudah menyiapkan 55 dermaga yang siap untuk di operasikan. Mengingat sudah dua tahun tidak ada mudik jadi kemungkinan untuk tahun ini mengalami kenaikan yang luar biasa.

ASDP juga menyiapkan berbagai aspek-aspek pendukung lainnya demi kelancara arus mudik tahun ini tentunya seperti, sistem-sistem dalam pelaksanaannya dan menambah petugas untuk mendukung keamanan serta kelancaran dan lain sebagainya

Selain itu pemerintas dan pihak ASDP juga selalu menghimbau untuk seluruh masyarakat yang akan mudik untuk betul-betul mempersiapkan dirinya untuk keselamatan dan kelancaran nantinya. Sperti, kesehatan dan memperhatikan barang-barang bawaanya nanti agar untuk meminimalisir kelebihan barang serta memperhatikan waktu keberangkatan dan kedatangan supaya tidak menumpuk antriannya.

Tidak hanya masyarakat saja yang dihimbau tetapi juga para pemilik jasa untuk memperhatikan dan betul-betul mempersiapkan transportasi atau jasanya demi keamanan dan kepentingan bersama.

Tahun ini, ASDP Siap Melayani Para Pemudik Lebaran

PT ASDP atau Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan dalam mudik tahun ini sudah mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut para pemudik jelang lebaran 2022, segala persiapan termasuk prasarana dan sarana angkutan penyebrangan dipersiapkannya dan siap melayani sekitar 3 juta orang dan di 13 lintasan penyebrangan dengan berbagai tujuan.

Dalam pernyataannya pihak ASDP sudah lebih siap dalam antisipasi melonjaknya para penumpang dan arus mudik yang menggunakan jasa penyebrangan. Mengingat beberapa tahun kebelakang adanya larangan mudik kemungkinan karena tidak adanya larangan mudik di tahun ini dan banyak kemungkinan akan adanya kenaikan trafik para penumpang atau pemudik. Seluruh sektor dan manajemen sudah dikerahkan untuk mengantisipasi dan memaksimalkan kapasitas baik di pelabuhan maupun di kapal.

Prediksi dan kemungkinan puncak arus mudik dan arus balik ada di 29 - 30 April 2022 untuk arus mudik dan di 7 - 8 Mei untuk arus baliknya. Berdasarkan hasil survei potensi arus mudik tidak jauh beda pada tahun-tahun sebelumnya.

Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya menyatakan bahwa mudik lebaran tahun ini tidak ada larangan dan diperbolehkan asal tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap mematuhi peraturan dan syarat yang sudah ditentukan yaitu untuk sudah vaksin min 2kali dosis dan boster serta tetap mematuhi protokol kesehatan demi menjaga dan melindungi sekitar.

Memasuki tahun ketiga pandemik covid-19 ini, Satgas Covid melalui surat edaran dengan ketentuan perjalanan orang dalam negeri tentang pemberlakuan segala bentuk pembatasan kepada seluruh kegiatan masyarakat level 4 - level 1 di Wil. Jawa dan Bali.

Mengingat arus mudik sudah dimulai dan sudah berlangasung pada H-10 dan H-7. 22 april 2022 sampai 10 mei, pihak ASDP sudah mempersiapkan dan mendirikan Posko Angkutan Lebaran dan siap untuk selalu memantau di tiap-tiap posko yang sudah di dirikan. adapun posko-posko pemantauan angkutan lebaran ASDP adalah di Merak, Bakauheni, Ketapang, Lembar, Balikpapaan, Bangka, Kayangan, Sibolga dan Bajoe. Serta ditambah Selayar, Ambon, Batam dan Bitung sebagai cabang pantauan perusahaan.

Tambahan 19 Unit Kapal Untuk Para Pemdudik Lebaran

Pihak perusahaan serta mengingat kondisi sudah mulai normal, ada beberapa rencana untuk rancangan anggaran dan rencana kedepan. Pihak ASDP memiliki rencana untuk meningkatkan dan melakukan pengembangan dalam kapasitas produksinya baik dalam segmen penyebrangan maupun armadanya. Ada penambahan armada untuk meningkatkan produksinya yaitu ada penambahan sekitar 19 unit kapal dimana itu akan dilaksanakan pada periode dan kurun waktu selama lima tahun.

ASDP juga akan melakukan akuisisi kepada PT Jembatan Nusantara, dengan begitu portofolio dan kekuatan armada dan lintasan yang di operasikan semakin bertambah. Setelah dilakukan akuisisi ini pihak ASDP mengatakan unit kapal menjadi 219.

Kata bapak Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN menyatakan bahwa ada momentum bersejarah untuk industri penyebrangan khusunya di Indonesia, karena telah di akuisisinya PT JN atau PT Jembatan Nusantara oleh PT ASDP Indonesia Ferry Persero. Serta untuk selalu ditekankan dalam menjaga standarisasi keselamatan dan pelayanan yang prima untuk seluruh para pengguna jasa.

PT ASDP telah melaksanakan dan mewujudkan salah satu transformsi serta menjadi operator pelayanan publik. kata Erick. Indonesia adalah negara kepulauan dimana peningkatan dan pengembangan fasilitas bidang pelayaran adalah suatu keharusan. Tidak itu saja tetapi juga untuk bidang industri-industri yang lain juga harus mengikuti seperti perkapalan, pelabuhan dan penyebrangan. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Next Post Previous Post