Festival Pacu Jalur 2022 di Riau Sangat Meriah


Pelaksanaan Festival Pacu Jalur tahun 2022 di Kuantan Singgigi Riau tepatnya di lapangan Limuno. Dalam sambutannya Menteri Kementerian dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bapak Sandiaga Unno. Dalam sambutannya juga Bapak Sandiaga mengatakan dalam even ini juga di harapkan dapat memajukan dan membuka banyak peluang pengembangan bagi UMKM.

Festival pacu jalur sendiri adalah balapan sampang panjang, acara ini sendiri sudah menjadi tradisi dan sudah di laksanakan dan di wariskan turun temurun. Untuk kegiatan pelaksanaan pacu jalur tahun ini sangat meriah mengingat sudah vakum selama 2 tahun sehingga antusias masyarakat sangat luar biasa. Terlihat beberapa masyarat sudah membanjiri lokasi pelaksanaan dari pagi, mereka sangat antusias dan sudah menunggu-nungu.

Dalam meriahnya festival tahun ini juga menjadikan angin segar bagi para pelaku atau pegiat dan pengusaha UMKM. Mereka sangat antusias dan sangat mendukung atas di lakukannya kembali kegian atau perayaan ini. Dan harpannya juga selain dapat mengenalkan wisatawan juga bisa mengenalkan wisata dan kekayaan daerah sekitar, dan banyak menimbulkan hal-hal positif tentunya yang di dapatkan.

Perlu di ketahui juga untuk kegiatan pacu jalur ini sendiri tidak hanya di ikuti warga lokal saja, melainkan daerah-daerah sekitar juga ikut memeriahkan serta ikut andil. Dari beberapa sumber dan masyarakat sekitar juga bercerita, bahwa sebelum pandemik Covid 19 melanda, pelaksanaan lomba lebih meriah lagi. Peserta tidak hanya dari lokal indonesia saja melainkan darai negeri tetangga juga ikut andil dalam pelaksanaan lomba ini. Seperti Thailand dan Malaysia, mereka sangat antusias dan tertarik untuk mengikuti.

Menurut beberapa warga di daerah sanggigi ini, mereka sangat bahagia dan antusias atas pelaksanaan lomba ini. Mengingat lomba ini sudah di wariskan secara turun temurun dari nenek moyang, sehingga hal ini menjadikan kebanggaan sendiri bagi masyarakat sekitar di karenakan tradisi dapat di laksanakan turun temurun dan tetap terlerestarikan.

Menurut warga sekitar kegiatan ini Pacu jalur memiliki filosofi atau ada filosofinya yaitu gotong royong dan kekompakan. Dengan filosofi ini di harapkan masyarakat dapat saling bahu membahu dengan menjaga kekompakan dengan gotong royong bekerjasama antar warga.

Dampak positif adanya festival untuk menguatkan ekonomi masyarakat

Dari pagi sepanjang jalur lokasi pelaksanaan sudah ramai, selain di padati para penonton juga para pedagang terutama UMKM juga  sudah mulai menggelar dagangannya. Ada yang unik di festival tahun ini, selain pedagang makanan dan munuman ringan tersedia juga berbagai makanan khas daerah setempat. Hal seperti ini juga sangat bagus untuk mempromosikan keunikan dari daerah sekitar.

Menjadikan catatan kepada pihak terkait agar kedepan mungkin lebih di kemas atau di tata lebih baik lagi, dengan tujuan dapat menarik banyak Wisatawan Asing. Atau mungkin lebih menggencarkan dalam mempromosikannya, sehingga menjadi daya tarik sendiri agar wisatawan asing terutama lebih banyak lagi untuk berkunjung di Kuantan Singingi.

Selain festival yang di adakan 4 hari tersebut, juga di adakan pawai budaya. Serta pembukaan festival ini juga di ikuti oleh para peserta yaitu pawai. Jadi para peserta di haruskan untuk mengikuti atau di arak keliling untuk memperkenalkan.

Menurut ketua panitia, pelaksanaan festival ini di laksanakan pada 21-25 Agustus tahun 2022. Juga di ikuti berbagai peserta di antaranya warga desa di kabupaten sekitar dan juga kabupaten tetangga yang juga ikut andil dan memeriahkan. Serta para komunitas dan juga organisasi kemasyarakatan juga tak lupa ikut memeriahkan.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang serta para pejabat-pejabat Negara beserta staf dan juga para Pejabat Daerah.

Next Post Previous Post